Asepefendi - Sudah
tidak asing lagi bagi kita sebagai operator sekolah bilamana sudah menginjak awal
bulan Nopember sudah barang tentu kita akan disibukan oleh berbagai macam kegiatan
khususnya dalam menghadapi kegiatan Ujian Nasional, banyak hal yang perlu kita
persiapkan dalam menghadapi kegiatan Ujian Nasional di tahun 2017 kali ini. Sudah
tentu kita akan disibukan oleh pendataan peserta Ujian Nasional, baik secara
offline maupun online, disini kita akan membahas pengecekan data peserta Ujian
Nasional secara Online, karena tahap awal yang perlu kita persiapkan yaitu data
yang valid.
Untuk melakukan pengecekan data secara online yang harus
kita lakukan yaitu mengunjungi alamat Web Manajemen PDUN tersebut yaitu http://pdun.data.kemdikbud.go.id/
Setelah kita memasuki laman web Manajemen PDUN tersebut yang
pertama kali akan tampil yaitu kotak dialog Login, disini kita harus mengisikan
username dan password pada isian Login Utama kemudian klik Login, atau bisa
menggunakan isian Alternatif yaitu cukup mengisi Kode Registrasi dapodik
kemudian klik Login.
Untuk Login pada Manajemen
PDUN dalam pengisian Login Utama Username dan Password, di isi sesuai
username dan password login aplikasi dapodik.
Setelah kita melaukan Login Utama yaitu dengan mengisi
Username dan Password maka kita akan memasuki laman Manajemen PDUN disana nanti
akan kita lihat ada 3 sub menu yaitu Beranda, Calon Peserta UN, dan Logout.
Dalam pengecekannya kita akan diawali dengan cara klik Calon
Peserta UN yang ada dibilah kiri. Kemudian perhatikan disebelah kanan akan
terdapat beberapa menu atau petunjuk yang nantinya akan kita gunakan untuk
penyimpanan data akhir.
Yang pertama kita lakukan yaitu memberi No Kursi agar
peserta yang akan mengikuti kegiatan Ujian Nasioanl sudah terurut berdasarkan
no kursi yang sudah kita tentukan.
Untuk memberikan no kursi kita harus klik menu Pengaturan No
Kursi, kemudian pada tampilan pengaturan kita isikan nomor urut rombel seperti
gambar dibawah ini:
Untuk mengakhiri pengaturan silahkan klik tanda (X) di pojok
kanan atas
Agar mempermudah pengecekan lebih baik unduh berita acara
kemudian cetak, dan cek satu persatu sesuai dokumen ijazah siswa tersebut. Bila
ditemukan data siswa yang keliru atau salah penginputan maka segera lakukan
perbaikan di VervalPD. Kemudian bila rekan-rekan sudah melakukan perbaikan di
vervalpd tidaklah berhenti disitu saja, rekan-rekan harus mengkonfirmasi kepada
operator dinas kab/kota untuk mengapprove data perbaikan tersebut, karena data
yang diperbaiki di vervalpd akan terupdate bila sudah di approval oleh operator
dinas kab/kota.(Admin)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar